FEEDBACK SYSTEM

#Review 1

FEED BACK SYSTEM

Journal kedua di perkuliahan ibu pembaharu adalah tentang sistem umpan balik atau feedback sistem. Mahasiswa saling bertukar jurnal dengan pasangan yang sudah ditetapkan oleh tim formula bunda salihah. Aku deg-degan menunggu perjodohan ini 😀

Oh ya, juornal review ini sengaja saya tulis dengan Bahasa Indonesia, tidak seperti journal materi 1, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memberikan umpan balik terhadap journal pasangan yg telah ditunjuk. Demikian untuk selanjutnya Journal Materi saya tulis dengan Bahasa Inggris dan Journal Review saya tulis dengan Bahasa Indonesia. 

Materi umpan balik disampaikan oleh mantika Mbak Dian karena Bu Septi sedang kurang sehat. Syafakillah bu Septi.

Ada dua cara belajar tradisional learning and problem based learning.

Traditional learning

  • Told we need to know

  • Memorize it

  • Problem assigned to illustrate how to use it.

Problem Based Learning

  • Problem assigned

  • Identify what we need to know

  • Learn and apply to solve the problem.

Feedback System memberikan review dan memberikan komentar, antara lain,:

  1. Apa yang sudah baik

  2. Apa yang perlu diperbaiki

  3. Tanyakan apakah masalah yang tertulis di problem statement akan benar benar diselesaikan?

Ketika pengumuman perjodohan ini di posting di Facebook Kampus Ibu Pembaharu,  saya langsung mengecek siapa gerangan pasangan saya.  Ternyata jodoh review saya bernama Putri Rizki Arlita berasal dari IP Garut. 

 Eh, tapi kok nomor kontak WA-nya kok cuma 10 digit? Saya jadi ragu saya coba cari facebook-nya dan saya kirim pesan di Messenger. Saya tunggu-tunggu tidak kunjung dibalas. Saya sempat menghubungi Mbak Dian, Mantika tetapi sementara itu saya coba cek WA juga dengan nomor yang  10 digit itu.

 Alhamdulillah rupanya tersambung, langsung saya perkenalkan diri lalu saya kirim link jurnal saya, alhamdulillah berbalas beberapa jam kemudian.  Saya minta link jurnal Mbak Putri sayang sekali saya baru dikirim hari Senin tanggal 12 Juli 202, rasanya sudah mepet sekali dengan deadline pengumpulannya.  

Saya ketar ketir juga mana agenda lain juga mesti mendesak dikerjakan, lagi pula  saya belum mahir mengedit canva, saya butuh waktu untuk itu hihi. But, so far so good, Alhamdulillah.

Mbak Putri menyatakan ingin mengganti problem statement di journal pertama, karena awalnya beliau memiliki masalah besar di manajemen waktu. Tetapi setelah beliau menggali lagi ternyata masalah manajemen waktu adalah bagian dari problem statement saat ini.

Problem statementnya yaitu tentang keinginan beliau untuk melanjutkn study demi kelancaran pekerjaan di ranah publik. 

 Menurut saya penulisan dan pemaparan  jurnal Mbak Putri sudah bagus, identifikasi masalah, bank masalah, problem statement, akar masalah juga sudah terlihat.

Mungkin yang perlu ditingkatkan adalah tentang komitmen atau ketetapan hati untuk memilih problem statement yang akan diselesaikan di Kampus Ibu Pembaharu ini 

Mbak Putri berkomitment untuk menyelesaikan problem statement yang telah dibuat. 

Alhamdulillah selesai juga jurnal review ini, walaupun saat saya kirimkan review ini, saya belum menerima feedback tentang jurnal saya. 

Saya doakan semoga Mbak Putri dimudahakan segala urusannya, aamiin.

                 ---------------------


Tanah Mati, 13 Juli 2012

Betty Arianti, Ibu Pembaharu


#umpanbalik1

#identifikasimasalah

#ibupembaharu

#bundasaliha1

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity


Comments

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING