TELUR OREN

Bismillah,


عَنْ صُهَيْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ((عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ )). رواهمسلم

Dari Shuhaib ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda: “Sungguh menakjubkan perkara orang mukmin, setiap perkara baik baginya dan hal ini tidak dimiliki keculi oleh orang mukmin, jika ia diberikan kesenangan, ia bersyukur dan hal ini baik baginya dan jika ia ditimpa musibah iapun bersabar dan hal ini baik baginya.” (HR. Muslim)


Salah satu ciri bahagia adalah tidak mengeluh. Tidak mengeluh artinya sama dengan bersyukur, ya kan? bersyukur atas apa yang ada. Dan tiada rusuh dengan sesuatu yang tidak dipunya. 

Melakukan sesuatu yang disenangi itu, juga membahagiakan dan bisa menghindari kita dari rasa keluh kesah. Saya senang dengan aktifitas mengaji. Belajar dan mengajar mengaji beserta ilmu ilmu agama yang terikat dekatnya sungguh membahagiakan saya. Hati menjadi tenang, rasa sakit badanpun menghilang. 


Ok, siap mulai petualangan belajar saya....


1. Tujuan belajar 


Hal penting dan mendesak yang telah saya pilih di telur merah adalah aktifitas mengaji, khususnya menghafal alqur'an. Kenapa saya memilih ini? Mengingat umur saya yang tersisa, tentulah semakin sedikit hari demi hari. Ingin sekali sebelum menutup mata kelak saat menghadap Allah Ta'ala saya telah hafal alqur'an 30 juz. Berharap beroleh ridho Allah Azza wa Jalla dan syafaat Rasulullah saw serta syafaat dari alqur'an yang dibaca kelak di hari akhir. Hari dimana tiada perlindungan dan penolong kecuali hanya amalan yang telah diperbuat di dunia saja. Aamiin Ya Rabb.


2. Ilmu yang diperlukan

Ilmu yang saya perlukan untuk mencapai tujuan belajar tersebut antara lain

  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Gadget
  • Belajar Konsisten
  • Belajar Alquran dan Ilmu Agama
  • Talaqi

3. Sumber Ilmu

Berbagai sumber ilmu yang memungkinkan saya untuk menata puzzle ilmu yang diperlukan

  • Majelis Ilmu
  • Buku buku Islami
  • Alquran & Hadist
  • Belajar di komunitas
  • Maestro
4. Cara Belajar
Gaya belajar saya cendrung kuat di visual mix auditory. So, cara belajar yang gue banget, yang memungkinkan saya mempercepat proses belajar adalah dengan
  • Membaca buku-buku, sembari menggaris bawahi, membuat catatan kaki, memberinya jenggot, menstabilo dst.
  • Menghadiri majelis ilmu
  • Mencatat
  • Mengulang
  • Menyetorkan
  • Berbagi/sharing dan mengajarkan
Namun demikian, bahagia bukanlah segala sesuatunya harus berjalan dengan baik, tetapi bagaimana cara kita bisa memberikan respon terhadap apapun yang terjadi pada hidup kita dengan cara dan pola pikir yang baik.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tanah Mati, 7 Januari 2020
Bunda Cekatan

Comments

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING