AKTIFITAS BAHAGIAKU


Kira-kira sepekan sebelum kelas Bunda Cekatan dibuka, saya bertanya pada Oim, si bungsu.  Waktu itu saya belum tahu kalau kelas buncek mau dimulai dan belum tahu juga temanya tentang "kekuatanku".
"Im, Ummi hebatnya apa ya?" 
"mmhh..Ummi itu hebat mengaji dan menulis". Itu jawaban spontan Oim tanpa pikir panjang. Entah dari manalah Oim menilai dua poin itu. Mungkin karena saya semangat terus menyuruh Oim mengaji ya? Atau karena hampir tiap hari saya membuka kelas berbagi untuk mengaji? mhh...entahlah.

Terus bagaimana dengan menulis? Dari mana Oim tahu kalau saya bisa menulis?  Mungkin karena Oim sering lihat umi menulis? 


Lain lagi jawaban si tengah. "Ummi hebatnya masak. Apapun yang ummi bikin pasti enak." Kalimatnya itu membuat saya ge er melambung.:D . Pqdahal sebenernya pasti setiap anak akan bilang kalau ibunya pintar dan jago memasak. Biarpun hanya masak telur ceplok. Dibilangnya paling enak sedunia, hahah
. Ini sudah hasil survey "icak icak" saya di facebook lho.

Nah kalau si sulung, bilang "well I think you are good in almost everything." Itu sebabnya tak ada lah Ummi yang cekatan di bidang apapun kali ya. Mengerjakan segala hal dengan biasa biasa saja. Oh No, Jawaban ini mungkin gegara rindu nih :) Rindu Ummi karena si sulung jauh dirantau. Iya kah? jadi jawabannya jadi bias.:D 

Terus si sulung juga bilang Ummi itu paling hebat  dibidang menerima curhatan orang lain. Melayani orang lain dalam curhatan. :D. Iya sih, banyak aja sesiapa  yang curhat dengan saya.:)Padahal saya bukan guru BK bukan pula psikolog.

Ah, tetiba muncul keinginan untuk ngulang lagi tes ST30. Tarraaa inilah hasilnya



Seperti setali tiga uang, kejutan tak terduga, ternyata Rabu tanggal 11 Desember 2019 dimulai kuliah perdana Bunda Cekatan di ruang belajar facebook bersama Bunda Septi. Ilustrasi belajar mengikuti alur metamorfosis sempurna kupu-kupu. Menarik...Apalagi didukung warna hijau muda dedaunan warna favoritku. Bikin mood jadi naik. Semoga bisa berhasil nanti menjadi kupu-kupu yang cantik dalam proses belajarnya, Aamiin.

Surprise lagi,..... materi pertama adalah tentang Aktifitas yang membuat kita bahagia, MasyaAllah.

Pilih aktifitas kita sebagai individu, sebagai ibu dan sebagai istri yang membuat kita bahagia. Kenapa? Karena ibu yang bahagia akan melahirkan anak anak yang bahagia. Penuhi dulu tangki bahagia ibu, baru kebahagiaan itu akan mengalir kepada anak-anak dan keluarga. Ibu mengerjakan aktivitas dengan enjoy-easy-excellent hingga earn. Bahagia juga akan membuka pintu pintu rezeki, biiznillah. 


Setelah melewati perenungan, didapat coretan di daun hijau berikut ini. Ada 4 kuadran yang berisi aktifitas "bisa tapi tidak suka, bisa dan suka, Tidak bisa dan tidak suka, tidak bisa tapi suka. 

Berikut hasil pelacakan kekuatan diri saya. Setelah melakukan banyak aktifitas berkali kali, ditemukan lima kegiatan yang selalu membuat saya berbinar binar, seakan tak kehabisan energi. Kegiatan yang membuat saya bahagia.
Kalau ditilik lebih dalam, sebenarnya lima kegiatan itu merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Bagaimana menurut pendapatmu?

Saya suka belajar, terutama belajar tentang Pendidikan Anak dan Keluarga, juga belajar Mengaji, dan mengkaji Alqur'an dan agama. Setelah belajar saya akan mengajar yakni share dan berbagi apa yang saya pelajari di ranah komunitas, grup, club, kelas, dan halaqoh. Berusaha sekuat mungkin I walk the talk, dan telah membaginya pula terlebih dahulu bersama anak  dan keluarga 

Saya juga bahagia sekali kalau membaca buku. Buku yang saya suka tentunya, apalagi kalau dapat menamatkannya dalam tempo yang singkat. Mmhhh serasa surga banget deh. Lalu  saya juga senang menulis atau tepatnya mencatat hasil belajar atau kesimpulan buku yang saya baca. 

Kalau ngumpul baik di keluarga dan di komunitas, bahagianya ya makan makan enak. Hobi memasak tersalurkan. Akan tetapi ada tantangan setelahnya yaitu cuci mencuci peralatan, haha. Nah ini yang kadang suka merem hasrat memasak. :D. But, kudu pinter menelisik celah bahagianya yach. Bahagianya cuci mencuci itu bagi saya adalah bisa disambil dengan murojaah. Alhamdulillah.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tanah Mati, 15 Desember 2019
Betty Bunda Cekatan
Aamiin
----------------------------------

Comments

  1. ya.itu deh drimu
    .khan udh nemu...berbagi,bermanfaat,berdampak.barokalllooooh sobat...aku saksinya drimu amat berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maasyaallah. Thank you for your support, friend.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING