HEC TIC (JURNAL FASIL)

ANEKA TANTANGAN YANG MENUNTUT SOLUSI

Alhamdulillah masa hectic berlalu juga. Tantangan demi tantangan datang silih berganti. Sampai jurnal fasil level 6 luput tak terkumpul. Hendak kurapel aja jurnal enam dan tujuh sekarang. Peace bu ketua (hihi).

Membantu merawat mama dan papa yang dua duanya sakit. Bolah balik pulang antara kewajiban sebagai anak, ibu dan istri. Lupa dengan kapasitas diri. Semangat,... seakan punya tenaga ekstra, malah berujung dengan keharusan istirahat pula di tempat tidur. 

Beruntung passion mengajar menjadi salah satu macam obat. Kala berhadapan dengan teman teman pembelajar jadi lupa sakit dan sehat seketika dengan cuap cuap. Walau ba'da itu mesti mengukur kasur kembali, haha.

Tantangan "kece" membaca chat WA yang beranak pinak dengan produktif. Semuanya penting semuanya urgen. Walau hanya mengikuti grup yang berhubungan dengan komunitas Ibu Profesional dan grup yang berhubungan dengan up grade diri dan keluarga saja, but lumayan juga deh, apalagi ditambah dengan kondisi kesehatan yang kurang bersahabat.

Ada juga drama lap top yang turut sakit, nambah alasan ga nulis jurnal, hihi.  Mau nulis di blog ga bisa karena ga bisa log in di hape. Semua foto di hape baru saja dipindah ke laptop. Lengkap sudah tantangannya. So, jurnal kali ini tak ada foto foto. 


CHANGE MAKER FAMILY

Bahasan Change Maker Family mendapat sesi tersendiri di kelas off line. Materi pengantar tetap di print out, didiskusikan bersama, lanjut dengan presentasi masing masing tentang dream, share and do the dream, baik dream pribadi maupun dream keluarga. Beraneka dream keren telah dishare tema teman, semoga semua bisa terwujud yach. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.


GAME LEVEL 6 

Alhamdulillah dari 10 peserta, ada 8 yang mengerjakan tantangan dan memperoleh badge dasar, 1 orang beroleh Oustanding Performance (OP) dan 7 lainnya beroleh badge You are Excellent (YE). Satu orang tidak bisa hadir karena  bedrest hamil. Saya tetap mengiriminya materi karena memang dia sangat membutuhkan, dan materinya juga sangat tepat untuknya yang haus ilmu, dalam mendidik putranya, dan membantu mengusir rasa lonely karena tak bisa bertemu teman teman pembelajar tiap pekannya. Badge di print out dan masing masing peserta menempelnya di kertas tantangannya. Serasa seperti anak sekolahan deh.

GAME LEVEL 7

Level 7 telah pula selesai, masih dalam kesibukan dan tantangan pribadi yang sama, but the show must go on. Badai pasti berlalu. Fokuslah pada solusi. Kuliah berlangsung OK. Game juga sudah dikerjakan. Semuanya mengerjakan dan mendapat badge dasar, kecuali satu orang tidak menuliskannya, dengan alasan  sakit. 

Ada satu hal yang mengganjal bagi saya di game ini, karena komentar peserta yang bilang, "Buat apa nulis nulis kelebihan dan foto foto anak? Mau ria ria an?" Duh kok saya jadi tersungging. Lagian bilangnya sekarang setelah level 7 ini. Padahal, hampir disetiap pertemuan saya bilang dan mengingatkan bahwa kita menulis game ini bukan untuk pamer, bukan untuk show off, dan sebagainya melainkan untuk melatih diri kita konsisten mendokumentasikan kegiatan dan kelebihan serta menemukan bintang anak anak, dalam rangka menyusun portofolio mereka. Beruntung sampai bisa menemukan passion, bakat dan minatnya dan seterusnya. Menjadi kenangan memori indah penuh hikmah kala anak sudah besar kelak.

So, untuk menyelesaikan hal yang mengganjal ini maka untuk Clear and Clarify, saya kumpulkan lagi teman teman dalam satu sesi dan saya kemukakan sebagai berikut.

1. Saya awali dengan bertanya kepada seluruh peserta apakah ada terniat dihati teman teman mengerjakan game ini untuk pamer dan ria pada orang lain tentang anak-anak? Selanjutnya saya dengarkan alasan teman teman satu persatu.

2. Ilmu yang dibagi bersama teman teman di Ibu Profesional ini adalah berasal dari pengalaman dan hasil belajar Bu Septi dengan anak dan keluarga beliau. Kita mengambil manfaat dari ilmu yang beliau share ini. Saya sangat yakin dan percaya maksud beliau sama sekali bukan untuk ria dan pamer, but hanya ingin menebar manfaat. Jutaan ibu dan keluarga, dihampir seantero pelosok dalam negeri dan luar negeri telah terinspirasi dan belajar bareng untuk berubah menjadi lebih baik dengan sharing beliau. Nah, itulah salah satu sosok yang kita teladani, semoga ada pula orang lain yang terinspirasi dengan sharing kita. "Khairunnas anfauhum linnas, sebaik baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat untuk yang lain.

3. Mau ria dan pamer kemana? Karena yang membaca tantangan game peserta offline ini hanyalah fasilitator. Toh, saya juga tidak mengumumkannya pada yang lain. Bahkan teman teman sekelaspun hampir tidak tau yang ditulis teman teman. Heran juga saya, hehe.

4. Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiayallahu anhu, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa diantaramu melihat kemungkaran, hendaklah ia merubahnya (mencegahnya) dengan tangannya (kekuasaannya) : jika ia tak sangggup, maka dengan lidah (menasehatinya) dan jika tidak sanggup juga, maka dengan hatinya (merasa tidak senang dan tidak setuju), dan demikian itu adalah selemah lemah iman." (H.R Muslim)

5. Bahwa mengerjakan tantangan game adalah dalam rangka amar ma'ruf nahi mungkar juga. Merobah sesuatu menjadi lebih baik, sekecil apapun itu, baik dari diri pribadi, anak dan keluarga atau dari lingkungan masyarakat di tingkat yang lebih besar, adalah termasuk amar ma'ruf nahi mungkar. Kita punya kekuasaan atas diri kita, atas anak dan keluarga kita maka kita bisa merobah kemungkaran (kesalahan keciiil juga) dengan kekuasaan itu, atau dengan lidah/lisan atau hanya di dalam hati yang merupakan selemah-lemah iman.

6. Dalam rangka da'wah/tabligh/menyampaikan kebaikan, seperti kata Rasulullah saw, "Ballighuu 'anni walau ayah"(sampaikanlah kebaikan walau hanya satu ayat). Kita tak pernah tau dari hal mana seseorang akan dapat hidayah atau inspirasi. Boleh jadi saja dari tantangan game ini bukan? waallua'alam.

Demikian jurnal ini saya tulis, yang lebih mirip aliran rasa dan curhat daripada jurnal, hahay.


Tanah Mati, 27 Januari 2018
Betty with "Keseruan" 


----------------------








Comments

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING