KEWAJIBAN MUSLIM

Hari ini ummi dan Oim punya agenda silaturrahiim. Mengawali langkah pagi dengan mengunjungi nenek dan atuk. Atuk bilang dada beliau sakit, dan nafas beliau sesak. Nenek bilang pinggang beliau yang sakit. Namun, hari itu beliau berdua sudah ada jadwal ke "porak." Ya, nenek dan atuk masih ke porak. Beliau tak hendak henti bekerja walau badan semakin menua, tenaga semakin renta, tapi semangat beliau masih membara. Tak pernah henti berusaha. Berpeluh-peluh untuk olah raga begitu beliau bedua beralasan. 

Silaturrahim berlanjut ta'ziah ke rumah Bunda Sri. Putra bungsu beliau telah dipanggil yang Kuasa semalam jam 2 dini hari. Dek Hanif berumur 9 bulan. Bunda Sri telah merawat amanah titipan Allah dengan sebaik-baiknya. Keluar masuk Rumah Sakit untuk mengusahkan kesehatan dek Hanif. Berbagai macam obat telah dicoba. Allah Maha Tau yang terbaik buat dek Hanif. Istirahat dengan tenang sampai hari berbangkit. Semoga jadi tabungan amal bagi Bunda Sri.  Beliau telah menerima keadaan dek Hanif dengan ikhlas, merawat dengan tulus dan penuh kasih. Semoga kelak berjumpa lagi di sorga-Nya.

Selanjutnya kami membezuk Papa dan Mama Qutby, teman Oim, dan sahabat Ummi yang lagi sakit. Having chit chat tentang penyakit yang beliau berdua derita. Berbincang tentang obat yang bisa membantu, serta menghibur dan membesarkan hati.

Demikian, kisah kami berlanjut sambil berbincang diatas motor, bahwa ada kewajiban kewajiban kita, seorang muslim atas muslim yang lainnya;
1. Menjawab salam
2. Menjenguk yang sakit
3. Menjawab bersin
4. Mengabulkan undangan, dan
5. Menyelenggarakan jenazah.

Lega rasanya kita telah menunaikan kewajiban itu hari ini. :)


----------------

Tanama, 6 Desember 2017

Comments

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING