METAMORFOSIS : SUKA dan BISA

Metamorfosis cita-citaku terus berproses. Aku ingin terus menjadi lebih baik tentu saja.  Kini kuingin menjadi professional facilitator. Facilitator untuk anak-anakku terutama, dan selanjutnya fasilitator komunitas dan masyarakat.
Kuingin pensiun menjadi guru. Walaupun sudah pensiun menjadi guru PNS semenjak tahun 2002, tapi aku merintis dan mendirikan lembaga pendidikan lagi semenjak tahun 2007. Alhamdulillah aku sudah mendapatkan public accreditation (akreditasi dari masyarakat), saban tahun sekolah ini selalu kebanjiran murid, dan mesti tutup pendaftaran sampai 6 bulan sebelum tahun ajaran baru, bahkan ada yang bela-belain masuk daftar tunggu sampai satu tahun.

Kini kuingin pensiun menjadi guru. Guru yang sibuk dengan urusan keformalan dengan tetek bengek adminsitrasi yang bejibun. SK ini SK itu, surat ini surat itu, buat buku ini, buku itu, adm akreditasi yang bikin sakit typus, adm sertifikasi yang melelahkan, adm tunjangan, rapat ini, rapat itu dan seterusnya, dan seterusnya. Aku bisa mengerjakannya, tapi semua itu membuatku stress, aku tidak suka. Seperti rumus yang sudah diajarkan bu Septi MENARIK TAPI AKU TIDAK TERTARIK.

Aku memang suka menulis, tapi bukan menulis urusan administrasi. Aku bisa menyusun kurikulum, membuat perencanaan pembelajaran dengan rapi,membuat penilaian dan evaluasi, dan lain-lain yang sehubungan,  tapi itu "bukan gue". Sejatinya aku suka pakai yang simple saja, just like "mind mapping". Aku suka penilaian yang bebas tak terbatas, karena masing-masing individu berbeda dan value yang dianut juga tak sama.

Aku punya BELIEF,(semakin nyadar setelah Talents Mapping) senang melayani orang lain dengan tulus, ingin menjadi orang yang bermanfaat buat orang lain, komitmen terhadap keluarga, senang membantu orang lain dan membuat orang lain sukses.

So, I wanna be happy. Happy is a choice, so I choose resigning to be a formal teacher. I wanna be informal and nonformal professional facilitator. May God bless me...

Aktifitas yang kuSUKA dan kuBISA  :
 menjadi fasilitator
 menulis

#ODOPfor99days#

Comments

Popular posts from this blog

CIRCLE BERNAS #1

REVIEW JOURNAL #7 ApresiAKSI

TEAM BUILDING