Posts

MENJADI IBU PROFESIONAL KEBANGGAAN KELUARGA : # NHW 2 #

Image
CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN a. Sebagai perempuan b. Sebagai istri c. Sebagai Ibu

ADAB MENUNTUT ILMU : NHW 1 #

.. .Allah akan mengangkat (derajat)  orang orang beriman   diantaramu  dan  orang orang  yang diberi ilmu beberapa derajat....(QS Al Mujadilah : 11) Sungguh suatu karunia yang luar biasa aku bisa ikut kuliah matrikulasi Ibu Profesional batch 2 ini. Tak menyangka dan tak bisa ku prediksi sebelumnya bisa belajar dan beraktivitas kembali ba'da istirahat panjang menemani tempat tidur. Tergolek lemah dibawah selimut tebal, merintih sakit tanpa daya. Beruntung tubuh ringkih ini masih punya semangat. Teringat kata kata bu Septi bahwa, "kita tak kan dipanggil Yang Kuasa kalau misi hidup belum selesai." Alhamdulillah hari demi hari keadaan kesehatan mulai membaik, serasa beroleh bonus umur.  Rabbi auzi'ni an asykuro ni'matakallati an'amta 'alayya  wa'ala waalidyya wa an a'mala shoolihan tardhohu wa ashlih lii fii zurriyyati  inni tubtu ilaika wa inni minal muslimiin. Ya Tuhanku berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri ni'matMu

CONTEXT BASED LEARNING (#4)

Context Based Learning adalah pembelajaran berdasarkan konteks, pembelajaran praktikal, yang dekat dengan keseharian serta sesuai dengan kebutuhan pembelajar.

PROPOSAL UMRAH UNTUK NI MUN

Image
Desna Murni,atau biasa kupanggil Ni Mun adalah seorang wanita istimewa yang berusia 49 tahun. Ia mengayuh sepeda, pemberian seorang dermawan, saban hari melintasi tiga kampung, menuju tempatnya mengajar disebuah lembaga pendidikan, yang berbasis karakter dan agama Islam. Dedikasi dan keikhlasannya patut mendapat acungan jempol. Wajahnya cerah penuh senyuman. Semangatnya juga menggebu. Rasa ingin tahu dan keinginannya untuk berbagi berbanding lurus dengan gairahnya untuk menuntut ilmu. Ia hampir tak pernah mengeluh walau beban kehidupan dan beban biaya sekolah anak-anak harus ikut ia tanggung. Empat orang putrinya bersekolah di sekolah

SUNGGUH_SUNGGUH BERMAIN ADALAH BELAJAR (3)

Image
Customized Curriculum Apply Context Based Learning Trio Krucil O Im-Jingga-Misya Trio krucil mengawali hari dengan membantu emak beres-beres melipat pakaian. Nah sambil melipat, kegiatan learning tetap harus jalan dong.

SUNGGUH-SUNGGUH BERMAIN ADALAH BELAJAR (2)

Image
Customized Curriculum Apply Context Based Learning Trio krucil- O Im Jingga Misya Kalau diajak belajar atau dalam Bahasa Inggris disebut "study" bukan dengan arti "learning", hampir dapat dipastikan tiga krucil emak ini sangat enggan.

MERDEKA DARI GALAU

Pernahkah teman-teman merasa galau dengan pendidikan anak-anak? Merasa tidak berhasil, merasa tidak berprestasi? Pernahkah teman-teman mau pindah jalur? Misalnya dari jalur formal ke non formal atau ke informal?  or vice